Kabar Ekonomi – Murdoch Janjikan Sky News yang Independen untuk Perlancar Jalan Kesepakatan

Rupert Murdoch’s Twenty-First Century Fox berjanji untuk menjaga Sky News tetap independen dan terus mendanai saluran kerugian selama lima tahun. Hal ini dalam upaya untuk mengatasi masalah peraturan mengenai pengambilalihan perusahaan TV Sky Sky sebesar $ 15,7 miliar.

Fox mengatakan akan membentuk dewan independen untuk saluran berita untuk memastikan gerilyawan media berusia 86 dan keluarganya tidak dapat mempengaruhi hasilnya. Regulator kompetisi Inggris mengatakan bulan lalu bahwa kesepakatan Fox untuk membeli 61 persen Sky yang sudah tidak dimilikinya harus diblokir kecuali jika ditemukan cara mengurangi pengaruh yang dapat dilakukan Murdoch melalui surat kabar Sun dan Times, serta TV, radio dan outlet berita online.

Beberapa pengacara, investor dan analis mengatakan bahwa mekanisme yang lebih kuat untuk menjamin independensi Sky News seharusnya cukup untuk mendapatkan persetujuan. Menjelang pengambilalihan Fox-Sky adalah kesepakatan senilai $ 52,4 miliar yang akan menghasilkan Walt Disney Co membeli TV Fox dan studio film, aset TV kabel dan bisnis TV internasional termasuk Sky – meninggalkan Murdochs dengan berita dan saluran olahraga Fox di Amerika Serikat, juga sebagai surat kabar dan aset penerbitan News Corp mereka.

Otoritas Kompetisi dan Pasar (CMA) telah mengatakan bahwa kesepakatan Disney harus dipertimbangkan saat ada pemulihan yang dinilai. Fox, yang membantah temuan CMA mengenai kekuatan media yang dimilikinya jika memiliki Sky, mengatakan bahwa ada kekhawatiran tentang pengaruh Murdoch yang akan jatuh setelah pengambilalihan Disney. Regulator mengatakan bahwa keluaran perusahaan Murdoch akan diawasi, dibaca atau didengar oleh hampir sepertiga penduduk Inggris, yang memberinya terlalu banyak pendapat publik.

Pada bulan Januari, mereka mengajukan tiga solusi yang memungkinkan: mengisolasi Sky News dari pengaruh Fox, memutus atau melepaskan Sky News, atau memblokir kesepakatan secara langsung. Namun Sky memperingatkan regulator bahwa jika hal itu menghalangi kesepakatan, perusahaan itu bisa menutup saluran yang benar-benar membuat kerugian, membunuh pesaing utama Inggris tersebut ke BBC dalam berita TV 24 jam.

Fox mengatakan bahwa penilaian regulator didasarkan pada sejumlah kesalahan hukum dan faktual. Namun tetap berjanji untuk mendanai Sky News setidaknya selama lima tahun dan mengatakan akan menempatkan “firewall” di sekitar saluran tersebut sebagai upaya pemulihan.

About The Author

Reply